Sabtu, 30 April 2011

RAHASIA SEDERHANA MEMANCING UDANG GALA

  Apakah anda hobi memancing....?
  Bagi saya memancing itu sangat mengasikkan. Asik jika umpan di makan buruan ikan atau udang. Memancing melatih kita dalam kesabaran, sabar menunggu umpan ada yang makan. Akan tetapi jika umpan tidak ada juga yang makan, ya habis juga tu kesabaran, apalagi udah seharian nggak dapat hasil.....uihhhhhhhh  ampun dj............seluruh isi kebun binatang pun bisa disebut semua.....hahahahah......(sabarrrrrrrrrrrrrrr................)
  Disini saya mau bagi ilmu buat para penghobi mancing, khususnya yang hobi mancing udang. Barang kali ada yang mau coba teknik gua memancing udang, Ini sekedar berbagi pengalaman....tok.....lo..

  Dalam memancing udang sebetulnya ada beberapa faktor yang sedikit wajib kita perhatikan (menurut pengalaman saya);---
1. joran yang sangat lentur
2. cara memasang umpan
3. kondisi air
4. yang pasti musim udang ....

 Baik mari kita ulas satu persatu

1. joran yang lentur
  
  joran yang sangat lentur wajib hukumnya kita gunakan dalam memancing udang gala. Akan tetapi apabila disaat musim udang, pake joran yang sedikit tegang pun masih dapat juga, walau hasil yang di dapat tidak sebanyak jika kita pakai joran yang sangat lentur..
Mengapa kita memakai joran yang lentur? Kira2 depinisinya sebagai berikut:
Cara makan udang gala lain dengan cara ikan saat makan pancing....Klo ikan, saat memakan pancing, benang di tarik kearah samping, atau  ada sebagian ikan (baung arus,kami menyebutnya di sini) akan menarik benang pancing melawan arah arus sungai. Cara memakan pacing, udang akan menarik benang pancing tepat kearah belakang tubuhnya, karena kita tau udang berenang kearah belakang.
  Joran yang lentur meminimalisasi hentakkan udang saat menarik benang pancing, sebab udang mudah terlepas dari mata pancing apabila terjadi hentakan yang kuat. Maka itu jika kita tidak mau udang buruan kita lepas, kita harus hati2 dalam menarik (mengulung) benang, jangan ada hentakan sedikitpun kalo bisa...karena biasa mata pancing bukan di makan tetapi nyangkut di antena (sungut >red ), tangan,atau kaki. Tapi jika mata pancing terkena di mulut , udang dapat di pastikan akan di dapat karena jika mata pancing nyangkut di mulut dia sulit terlepas karena mulut udang seperti serabut.

2.Cara memasang umpan
  Cara memasang umpan di mata pancing pun sedikit beda dengan jika kita memancing ikan.
Memasang umpan harus sedikit sesuai ukuran atau hanya sepanjang mata pancing kita. Tidak boleh banyak2 dengan alasan agar udang cepat terkena pancing. Saya di sini biasa hanya memakai umpan cacing tanah dan tidak dengan yang lain. karena lebih mudan dan praktis....gitu loh.....tapi ini betul - betul efesien dan terbukti dari pada kita menggunakan umpan yang lain, yang penting jangan terlalu banyak.
  Saya biasa menggunakan mata pancing carbon nomor 4 atau 5 , bisa juga menggunakan mata pancing udang sepit biru atau yang lain.
  Teknik memasang mata pancing biasa saya kombinasikan dengan memasang mata pancing secara seri, dengan urutan diatas mata pancing yang besar sedang di bawah mata pancing yang kecil. Misalnya.....dalam satu benang pancing kita pasang mata pancing yang di atas dengan mata pancing jenis sepit biru no 5, sedang yang di bawah kita pasang mata pancing carbon no4. Mengapa kita harus memasang dua mata pancing dalam satu benang, asumsinya adalah karena kita memasang umpan yang hanya sedikit sesuai panjang mata pancing kita, jadi jika mata pancing 1 habis umpanya, masih ada 1 mata pancing lagi yang terisi umpan.  Dan satu lagi,....jika udang kecil yang makan pasti dan biasanya dia makan mata pancing yang paling bawah atau mata pancing yang paling kecil, dan jika udang yang besar (kami menyebutnya di sini udang gabag) pasti dan sering memakan mata pancing di posisi yang paling atas atau mata pancing yang paling besar.
  Cara tarikan udang saat memakan pancing antara yang besar (gabag) dengan yang kecil pun berbeda pula. Jika mata pancing di makan udang kecil, ujung joran akan tersentak sentak langsung, tapi jika di makan udang yang besar (gabag) biasany ujung joran hanya tersentak satu kali abis itu diam. Saat benang kita tarik dan gulung akan terasa berat bagai menarik sampah yang ada di sungai, baru nanti apabila udang akan menyentuh permukaan air, udang gabag ini akan mengeluarkan semua energi mekaniknya (kayak mesin aja) dan sekuat kuatnya.

3. Kondisi air

  Kondisi air jangan keruh atau volume air sungai sangat surut sekali karna biasanya udang kurang bernafsu tuk makan pancing. Itu aja ......

4. Musim udang

  Yang pasti mancing udang akan dapat banyak saat musim udang. Biasanya terjadi saat di penghujung musim hujan dan musim kawin..........udang (bukan musim kawin kebo lo, atau musim kawin...........). Pada saat musim hujan volume air sungai akan naik, atau banjir, nah saat ini biasanya udang cepat berkembang biak, apalagi jika terjadi banjir yang cukup lama, dapat di pastikan di saat air telah surut mancing udang akan sangat mudah.

  Tempat tempat udang berdiam biasanya ada di tempat yang sedikit semak atau semak sekali di pinggir sungai atau tumpukan kayu2 dan sampah alam yang hanyut  dan bertumpuk jadi satu. Di air yang tenang dengan sedikit riak di atasnya atau air yang berputar dan dalam tapi di sekitar pinggiran sungai. Udang yang besar biasa ada di tempat yang dalam dan agak ketengah dari pada udang yang kecil yang ada di sekitar pinggiran sungai. Walau ada juga udang yang besar di dapat di sekitar pinggiran sungai lo , asal di tempat yang sedikit dalam.
  
Ya hanya ini yang dapat saya sampaikan kepada para bloger2,bro,sis dan agan2 sekalian. Blog ini masih dalam percobaan karena baru pertama kali ngeblog dan menulis postingan. 
Belum ada gambar2 yang dapat mendukung isi dan maksud dari postingan ini. Mungkin di lain waktu akan saya sambung dan sempurnakan postingan saya ini. Saya harapkan sekali kritik dan saran yang membangun dari anda sekalian.  Dan satu lagi ,  saya harap para agan2 yang membaca postingan saya ini dapat mengerti dan mudeng yang saya tulis, maklum saya tidak pernah makan bangku sekolahan dan TK tidak tamat. Jadi harap maklum saja ya,,,,,
Tapi jujur ......ini semua teknik yang saya gunakan dalam memancing udang gala, baik di sungai BILAH labuhan batu atau di sungai BARUMUN labuhan batu utara SUMUT.

1 komentar:

sunarto mengatakan...

ayo coba tinggalkan jejak anda